Virus Corona Merajela, Anies Minta Warga Jakarta Tidak Mudik Lebaran

Posted on

Gubernur DKI Jakarta menghimbau kepada seluruh warganya untuk tidak melakukan mudik lebaran pada tahun ini. Hal ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta tersebut guna mengurangi dan mencegah akan adanya penyebaran virus Corona yang saat ini paling banyak terjangkit di ibukota negara tersebut.

“Diimbau untuk tidak bepergian, ke luar kota, menunda rencana mudik sampai dengan penularan coronasudah dapat dikendalikan dengan baik,” ujar Anies di Jakarta, Kamis (19/3).

Himbauan ini sendiri dituangkan dalam sebuah seruan Gubernur DKI Jakarta dengan nomor 4 tahun 2020 tentang menjaga jarak aman dalam bermasyarakat (social distancing measure) untuk mencegah dan mengantisipasi penularan Corona Virus Disease (COVID-19).

Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan orang tua diminta untuk mengawasi anaknya untuk tidak melakukan hal yang tidak penting di luar rumah dan bepergian karena memang risiko penularan COVID-19 sangat tinggi.

Anies juga meminta agar warga selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya pakai sabun, menghindari jabat tangan dan melakukan cipika cipiki. Kemudian juga menggunakan masker ketika terkena flu atau batuk dan menutup mulut dan hidung dengan tisue atau lipat siku.

Jka nantinya ada warga yang mengalami gejala yang mirip dengan COVID-19, dan pernah terpapar orang atau pernah terpapar di wilayah terjangkit untuk menghubungi 112 atau layanan whatsapp di nomor 081388376955. Kemudian segala informasi terkait adanya COVID-19 di DKI Jakarta sendiri bisa diakses melalui link bit.ly/PublikasiCoronaDKI.

Berdasarkan data terakhir pada Kamis (19/03) yang diumumkan secara nasional kasus virus Corona sendiri telah terkonfirmasi berjumlah 308 kasus dan dari jumlah tersebut setidaknya ada 269 kasus masih dalam perawatan, 15 orang pasien telah sembuh dan 25 orang lainnya meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.