Rapid Test

Mengenal Rapid Test untuk Virus Corona

Posted on

Pemerintah memutuskan untuk menggunakan Rapid Test sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus covid-19. Hal ini pun sudah dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Lalu, apa itu Rapid Test? Apakah semua orang bisa menjalani proses ini?

Rapid TestSeperti yang kita ketahui bersama, bahwa penyebaran virus Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan untuk melakukan rapid test, khususnya untuk wilayah-wilayah yang penyebaran kasus covid-19 tertinggi.

Tes ini sendiri bertujuan agar pemerintah dan juga petugas medis dapat mengetahui siapa sajakah orang yang berpotensi menyebarkan dan juga melakukan tindakan mencegah jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Apa itu Rapid Test?

Rapid test merupakan salah satu metode yang diambil oleh pemerintah untuk melakukan skrini awal guna mendeteksi antibodi seseorang. Yakni IgM dan IgG yang mampu diproduksi oleh tubuh agar bisa melawan virus corona. Dimana antibodi ini akan secara otomatis dibentuk oleh tubuh apabila nanti ada paparan virus Corona.

Atau agar mudah dipahami adalah bila antibodi ini terdeteksi ada dalam tubuh seseorang yang menjalani rapid test ini, artinya tubuh tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Akan tetapi, perlu juga diketahui bahwa antibodi ini terbentuk dengan waktu yang bervariasi. Paling lama bisa sampai berminggu-minggu Hal ini yang kemudian menyebabkan akurasi dari penggunaan Rapid Test ini menjadi rendah.

Namun, kesimpulannya adalah rapid test tersebut hanya merupakan bentuk skrining awal atau juga disimpulkan sebagai bentuk pemeriksaan penyaring bukan pemeriksaan yang fugsinya untuk mendiagnosa  infeksi virus Corona atau Covid-19 itu sendiri.

Adapun tes yang sebenarnya untuk mendeteksi adanya virus corona di tubuh seseorang adalah dengan tes yang disebut dengan polymerase chain reaction atau PCR. Dimana tes ini langsung mendeteksi mengenai adanya virus bukan melalui keberadaan antibodi untuk menghadapi virus itu sendiri.

Langkah dan Interprestasi Hasil Rapid Test

Langkah pemeriksaan rapid test berawal dari pengambilan sampel darah di ujung jari yang diteteskan pada alat rapid test. Kemudian, cairan untuk menandai adanya antibodi akan diteteskan juga ditempat yang sama. Hasilnya adalah berupa garis yang muncul antara 10-15 menit setelah itu.

Namun, pemeriksaan rapid test yang negatif harus diulang kembali sekitar 7-10 hari setelahnya. Untuk menandai adanya kemungkinan proses pembentukan antibodi yang bisa memakan waktu tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang bisa melakukan rapid test tersebut. Hal ini dikarenakan alat yang terbatas. Meski demikian hanya orang-orang yang punya resiko tinggi terpapar virus ini saja yang lebih diutamakan.

Namun belakangan rapid test juga diperlukan bagi orang-orang yang ingin bepergian ke luar daerah. Hal ini untuk membuat surat terbebas dari penyakit corona.

Lalu, bagi anda yang saat ini ingin ikut rapid test hanya untuk mengetahui apakah di dalam tubuhnya ada virus corona atau tidak lebih baik bersabar. Namun, dalam proses bersabar tersebut, selalu budayakan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat tersebut antara lain terus konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi buah untuk vitamin. Lakukan social distancing apabila memang tidak penting hindari keramaian. Cuci tangan setelah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan fasilitas umum dan selalu gunakan masker ketika keluar rumah.

Jika ada tanda-tanda anda terpapar virus corona, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter dan cara yang paling benar untuk konsultasi seperti sekarang ini adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Halodoc adalah aplikasi digital yang berfokus pada masalah kesehatan. Dimana anda dapat menemukan banyak informasi terkait kesehatan dan virus corona. Selain itu yang paling menarik adalah fitur chat dokter yang memudahkan anda untuk bisa terhubung dengan dokter dan berkonsultasi masalah kesehatan anda dengan ahlinya. Serasa punya dokter pribadi bukan?

Selain itu, masih banyak fitur Halodoc lain yang sangat bermanfaat. Oleh karenanya segera akses Halodoc.com dan juga download aplikasi Halodoc di hape anda dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.